Pindang Baung ala Sumatra

Indocpns.com-   Pindang  baung ala sumatara ialah masakan kas sumatra sejenis sub atau  jangan bening , dengan bumbu – bumbu yang berbeda. Hanya saja jika  masakan ini lebih pada bahan dasar utamanya ialah ikan air tawar ( sesuai selera) tetapi umumnya menggunakan iakan baung .

Masakan ini sangat lezat jika disantap semasih hangat, karena ikan yang digunakan  tanpa di goreng, sehingga jika disantap dalam keadaan dingin sedikit berbau amis. Di daerah sumatra khususnya dilampung banyak sekali warung- marung makan yang  mejajakan menu ini, sangat mantab dan nikmat apabila saat makan nasipun dalam keadaan hangat – hangat.

Tetapi mungkin diera yang serba moderen ini mungkin menu seperti ini sangat jarang  kita dapatkan jika tidak kedaerah yang asalnya. Penasaran  berikut ini bahan dan bumbu – bumbunya :

Pindang Baung ala Sumatara

  • Ikan baung ukuran satu lengan anak batita secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Cabe secukupnya ( potong potong usahakan cabe rawit merah)
  • Bawang putih satu siung (geprek)
  • Bawang merah satu siung(geprek)
  • Lengkuas secukupnya(geprek)
  • Daun kemangi secukupnya
  • Tomat buah secukupnya ( sesuai selera)
  • Gula putih secukupnya

 

Baca Juga : Chord Tresno Tekane Mati

 

Cara membuat:

Pertama – tama, rebus air secukupnya sampai mendidih lalu masukan  garam, bawang putih, bawang merah, cabe, lengkuas dan gila pasir. Selanjutnya masukan ikan  yang sudah kita bersihkan potong – potong sesuai selera, masak sampai ikan kelihatan sudah matang.

Langkah selanjutnya masukan daun kemangi , serta tomat yang sudah kita potong – potong tadi, masak beberapa menit  jangan terlalu lama untuk menghidari tomat supaya tidak hancur.  Cek rasa dan ikan.

Kalau sudah terlihat matang semua matikan api, tuang pindang kedalam wadah mangkuk atau tempat makan lainya, pindang  baung siap disajikan. Saran penyajian lebih mantap dan nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat – hangat atau masih panas.

 

Demikian artikel me ngenai Pindang Baung Ala Sumatra  yang bisa penulis bagikan, semogga bermanfaat dan menjadi referensi untuk mengisi kesibukan anda dan keluarga di rumah,menjadi hidangan yang sepesial  bersama keluarga tercinta.

Ahir kata jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, penulis meminta maaf dan ampun terhadap TUHAN, ALLAH TAALA, amin.

Kunjungi Juga 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *