Moci Isi Gula Merah

Indocpns.com – Moci isi gula merah ialah makanan atau jajanan dengan bahan utama yaitu tepung ketan,  yang dijadikan adona terlebih dahulu, di isi dengan gula merah yang dicampur dengan kacang tanah atau parutan kelapa muda,( orang jawa biasa menyebut enten – enten). Moci juga  bisa anda kreasi dengan isian coklat atau kacang hijau, dan sebagainya terserah selera anda, tetapi penulis memakai gula merah dan parutan kelapa muda.

Bahan dan cara membuatnyapun gampang, anda bisa menemukan tepung ketan di warung – warung terdekat rumah anda, atau anda bisa menumbuk sendiri, ketan.  Dengan demikian anda bisa memilih sendiri ketan yang baru panen, langsung saja  berikut ini penulis bagikan resep dan tata cara dalam membuatnya;

Moci Isi Gula Merah

Baca Juga : Secawan Madu Via Valen

Bahan – Bahan

  • Dua puluh gram metega putih
  • Enam puluh gram tepung gula
  • Setengah sendok teh garam
  • Seratus empat puluh mili liter air bersih
  • Seratus limapuluh tepung ketan
  • Kelapa parut secukupnya + gula merah ( dicampur rata di kukus sebagai isian )
  • Tepung mazena secukunya untuk bahan pelapis (sangrai)

 

Proses membuatnya

Pertama – tama,   campur dan aduk – aduk rata tepung ketan ,gula, garam, serta air secukupnya, selanjutnya kukus  adonan kedalam wadah, usahakan  wadah atau tempat yang anti lengket, kira – kira 30 sampai dengan 40 menit sampai adonan terlihat transparan, angkat dan sisihkan.

Kemudian adona beri tambahan tepung gula, uleni lagi  sampai kalis,tambahkan sedikit pewarna makanan, jika ingin yang alami anda bisa memakai pandan suci, ambil adonan sedikit – sedikit beri isian gula merah yang telah tercampur kelapa parut, tutup rapat. Terahir guling – gulingkan diatas bahan pelapis,Mudah dan simpel bukan siap disajikan.

Moci Isi Gula Merah

Demikian ulasan mengenai judul artikel di atas, semoga bermanfa’at dan menambah wawasn anda tentang kuliner, atau bisa anda jadikan sebagai tajil di sa’at berbuka puasa, nanti sore, karena rasanya yang manis cocok sekali, sekian dan terimakasih, jika ada kesalahan dalam penulisan dan keliruan dalam pemaparanya, penulis meminta ma’af kepada para pembaca, dan memohon ampun kepada  TUHAN YANG MAHA ESA, amin. wasalam mualaikum wr,wb.

Kunjungi Juga

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *