Iuran BPJS Kesehatan Naik

 

Indocpns.com – Rencana pemerintah akan menaikan iuran BPJS Kesehatan Naik menjadi seratus persen, adapun kenaikan itu berlaku khusus untuk peserta kelas I dan II.

Pada saat ini tercatat jumlah peserta  BPJS kes  sebanyak 223,3 juta jiwa, dengan 89, 9  juta ialah peserta non PBI. Peserta yang berstatus non PBI  terdiri dari  peserta penerima upah ( PPU ) PPBU 32, 5 juta jiwa,pemerintah 17,5 juta jiwa, sedang  BP atau bukan pekerja 5, 1 juta jiwa.

 

Iuran BPJS Kesehatan Naik

 

Rencana keaikannya

Pemerintah dalam hal ini diwakili mentri keuwangan sri mulyani mengusulkan kenaikan iuran sebesar  dua kali lipat atau seratus persen, dalam artian peserta untuk kelas II   Rp 51 000 menjadi Rp .110 00 dan begitu pula dengan kelas I   yang sebelumnya Rp .80 000 menjadi Rp. 160 000.

Dan untuk peserta kelas III  yang sebelumnya harus membayar iuran sebesar  Rp. 25 500,  juga diusulkan naik menjadi Rp. 42 000, akan tetapi usulan tersebut  ditolak pihak DPR,  dengan argumen  masih perlunya  pihak pemerintah membebani  data data peserta  yang masih  aburadul atau carut marut.

Baca Juga    :    Cara Berobat Rumah Sakit dengan BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan Naik

 

Untuk pelaksanaan pembayarannya sendiri masih menunggu pihak   pihak yang terkait dalam hal ini tentunya pemerintah, yang tentu saja juga melibatkan  banyak instasi lainnya.

Demikian ulasan dan informasi mengenai BPJS kes, semoga bermanfa’at, wasalam mualaikum wr,wb.

Baca Juga    :    Cek Saldo Bpjs Tenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *